SINGAPORE PART 1

halo pembaca haha (gaya banget)

ini gara-gara banyak temen yang nanyain perjalananku kemarin ke Singapore habis berapa, berapa hari, kemana aja, dan masih banyak lagi maka akan ku tiliskan ceritanya di sini ya.

PART 1

Jadi awal mulanya itu aku emang pengen nyobain liburan di luar negeri, gentian, soalnya kemaren2 selalu dalam negeri terus (cie gaya lagi haha). Akhirnya setelah aku merayu-rayu temen traveler aku (baca : travelmate wkwk) ya iyalah travelmate..dia udah jadi temen partner mainan GPS aka maps di jalanan banyuwangi, bali, bandung, mana lagi ya? Wkwk.

Akhirnya kita sepakatin berangkat ke Singapore, biar passport yang udah kita bikin setidaknya berguna gitu wkwk.  Tiap kali sebelum berangkat backpacker kita selalu baca-baca blogger-blogger orang2 yang udah pernah ke Singapore secara kita mutusin buat berangkat sendiri, gak ikut open trip atau travel. Diawali dari book tiket pesawat yang murah, penginapan/ hostel (bukan hotel ya haha) yang sesuai kantong, dan persiapan lainnya termasuk cuti. Ya kita udah book tiket pesawat dan sembarang lainnya baru kita ngajuin cuti kerja, nekat banget kan? Hahaha. Ada kejadian lucu masalah cuti ini, karena urusan cuti kalau mau ke laur negeri di tempat aku bekerja harus ngurus sampai kantor pusat, di Jakarta noh, akhirnya si temen aku ijin cuti bilang mau ke Palembang, sedangkan aku? Aku bilang ada acara keluarga di luar kota. Hahahaha.

Oke kembali ke Singapore. Kita berangkat janjian di Terminal 2 Juanda, pesawat kita terbang pukul 10.15. Malamnya kita udah packing secara travel dari Kediri jam 1 pagi ohmen ngantuk banget masih..tapi apa daya. Nah, malem-malem pas packing temenku nanyain aku, “mbak kamu bawa odol, shampoo, dll gak?”. Ya aku bawalah kan kita di Singapore mau 5 hari, masak ya kita ga ngebutuhin odol shampoo dll haha. “eh tapi kata temenku kalau terbang ke luar negeri ga boleh bawa masuk kabin cairan mbak, maksimal 100 ml kata temenku”, dia bilang lagi. Lohh ohyaaa?? aku malah mau bawa akua gede (biar hemat disana kan katanya air mineral aja mahal) trus sama bawa 2 botol madu titipannya sodaraku, seukuran botol sirup (dengan pekoknya aku pede mau bawa benda cairan tersebut, lol). Loh lohh aku gatau kalo cairan-cairan itu ga bisa dibawa ke kabin, secara kita ga ada bagasi, tiketnya murah ce jd ga dpt bagasi wkwkwk. Terpaksa lah aku bongkarin isi koper yang udah tertata rapi sambil ngantuk-ngantuk (tapi aku tetep ngeyel nyoba bawa madu, siapa tau nanti bisa beli bagasi disana atau gimana, aku berserah~).

Oke, lalu kita cengar cengir maju ke checkin counter, madu dalam koper masih aman. Naiklah kita buat nunggu boarding, nah disini nih masuk checkin checkin barang yang disensor gitu, tralala, madu ane langsung keliatan di monitor tv nya hahaha. Mau gamau harus turun lagi buat beli bagasi, nanya doing sih, soalnya adanya bagasi 20 kg dengan harga 400 ribu T.T Cuma buat madu doing, ya ogah aku. Sebenernya yang kedetek di layar monitor tadi ga cuma maduku aja sih, tapi juga powerbank punya temenku, fyi powerbank yang boleh dibawa masuk kabin ga boleh lebih dari 20.000 mAh, sedangkan punya temenku Cuma 10.000 mAh kayaknya *untung. Akhirnya daripada madu ku di buang, aku titipin lah di mas-mas counter checkin, untungnya dia mau dititipin, hehe makasih ya mas.


landing cantik di Changi, kita terbang pakai flyscoot
dari atas langit Indonesia





Terminal 2 Bandara Juanda, setelah tragedi madu haha

Pukul 13.22 kita landing cantik di Changi (waktu di Singapore lebih cepat 1 jam daripada di Indonesia GMT+8). Karena kita kelaparan akhirnya kita nyari-nyari yang bisa dimakan. Taraaa nemuin lah McD di Changi, akhirnya kita makan, dan disini terjadi kejiadian paling yeyek yang pernah gue alamin, tau apa? Minum minuman bekas orang. Lah kok bisa?? Iya, jad ceritanya aku lagi ngomel-ngomel gara-gara sodaraku yang di SG update kalau aku mau ke SG dan di tag di aku di facebook, dan masih inget kan diatas aku bilang cuti nya enggak mau ke Singapore?? Coba bayangin kalo orang-orang kantor ku tau aku ngelayap kabur ke SG? Bahayaaa girls, mana mereka suka rempong dan nyinyir kepo abisss. Huhhh haahhh sumpah pengen nyumpah serapah ga berhenti-berhenti sambil makan juga aku masih ngomel-ngomel nyerocos sampe salah minum bekas orang T.T entah itu bekas orang India apa bekas orang Bangladesh apa Bule mana gitu aku gatau T.T aku berdoa dalam hati semoga orang-yang-bekas-air-minumnya-aku-minum steril tak berpenyakit suatu apapun, hiyeeeeekkkks.

Udah laper-laper tapi dibikin emosi, duh tau kan rasanya? J kita baru bisa cari makan jam setengah 3 an soalnya habis landing kita laporan dulu ke imigrasi, kita ngisi form visitor gitu (waktu dipesawat mbak-mbak pramugarinya udah ngasih form itu buat visitor) trus kita juga disuruh nempelin jari sama foto lagi di petugas imigrasinya (lebih ke retina mata sih kayaknya). Habis dari imigrasi langsung nayri seven eleven buat beli kartu perdana, biar tetep bisa lancer jaya berselancar di internet, biar bisa upload-upload…eh enggak sih biar bisa googling klo nanti kita tersesat wakakakakak.


cek passport di Imigrasi


Udah ah bodo amat aku gamau mikirin masalah update an facebook, walaupun udah aku suurh hapus tetep keliatan di beranda, udah bodo amat. Kita lanjutin ceritanya aja ya, lagian juga udah lewat hahahahaha. Habis makan kita bingung cari kereta, iya kereta MRT maksudnyaa~ kita jalan nyari-nyari kok ga keliatan (ya iyalah bodong), kita harus jalan dulu ke timur terus nyari papan arah MRT, akhirnya kita nemuin nih, turun lah kita kebawah, trus habis itu kita bingung lagi gimana beli tiketnya wkwk (sebenernya sebelum itu kita bingung mau beli STP Singapore tourist pass datau Ez-link, mau tau bedanya? Nanti aku bahas di tulisan lain ya), akhirnya kita mutusin buat beli tiket single trip dulu. Kirain kan belinya di petugas gitu ya, untung petugasnya bisa bahasa melayu, tapi temenku di sentak waktu nanya, langsung di jawab sewot “udah beli tiket belum?!”, beuuhh padahal kita nanya-nya baek-baek loh..akhirnya kita cari-cari lagi tuh harus beli tiket dimana, ternyata pake mesin coy, duh keliatan kan katroknya aku..disana dibantuin sama bapak-bapak paruh baya gitu, udah tua tapi baik..dan belinya gampang, kita ga bingung, tinggal klik maps dan klik kita mau kemana, karena kita nginepnya di daerah bugis, kita beli tiket ke bugis seharga $2,4. Dari Changi ke Bugis harus transit dulu di Tanah Merah, tapi kita ga perlu beli tiket lagi, semacam kayak naik busway di Jakarta, kalo belum keluar halte kita bebas mau kemana aja.
Standar Ticket MRT


Penginepan kita enak banget, deket MRT Bugis, tinggal keluar exit Bugis Junction terus nyebrang jalan dikit gitu, awalnya kita bingung mau lewat jalan yang mana wkwk tapi akhirnya ketemu juga. Di Singapore itu bener-bener aksesnya tu gampang banget, mau kelaur kemana tinggal pilih mau lewat exit mana, ada eskalator, tangga, lift biasanya dikhususkan untuk difabel dan yang bawa troli anak. Selain itu papan arah petunjuk jelas ada dimana-mana sehingga kita ga akan kebingungan dan ga akan tersesat, dijamin deh! Jadi jangan takut ke Singapura sendirian.

No comments

Powered by Blogger.