SINGAPORE PART 2

PART 2

Okey kita lanjut part 2 haha.
Setelah sampai penginepan kita terus istirahat, mandi, rebahan, trus malemnya kita mau ke art science museum, katanya disana kalau jumat ada promo free untuk spot tertentu. Kita cuss lagi ke MRT bugis dan kita udah kebingungan lagi waktu kayak di Changi wkwk. Kita sampai di Bayfront MRT lalu keluar ngikutin arus kalayak ramai hahaha. Dan disana lagi banyak yang naik ke semacam menara, tapi bukan menara juga sih, lebih tepatnya view point buat ngelihat atraksi lampu pohon avatar gardens by the bay. Ya kita jadinya menikmati atraksi lampu tersebut karena kita nyari-nyari art science museum tap ga keliatan-keliatan padahal udah naik point view (eh taunya ternyata art science museum terletak di sebaliknya Marina Bay Sands, otomatis ketutup bangunan hotel yang megah dengan 3 tower tersebut, lalu kesananya lewat exit B, C, kita sekarang lewat exit DEFGH yang ke marina/gardens by the bay wkwk, intinya kita salah pintu keluar, kalau salah pintu keluar gini mau jalan ke tempat lain jauh, lebih baik next time aja hehe). Yaudah malam ini cukup dengan ngeliat atraksi lampu yang keren banget, mau lagi mau lagi klo disuruh ngulangin, tapi besok kita punya giliran naik ocbc skyway di dalem pohon avatarnya, jadi it’s enough lah ya. Cukup buat hari pertama tiba di SG, kita langsung balik hostel lagi dan tidur nyenyak menyiapkan besok.

bagus ya? <3

Besoknya kita berencana ke Gardens by The Bay, kita udah beli tiket 3 in 1 terdiri dari Flowers dome, cloud forest dan ocbc skyway, beli tiketnya di voyaging/ traveloka lebih murah daripada beli langsung disana apalagi kalau tiketnya misah-misah. Sebelum kita ke Gardens by The Bay kita pengen sunrise an di Merlion Park dulu sambil nunggu bukanya-nukerin-tiket di Marina Bay Sands jam 10.30. Tapi menurut kalian kita bisa ngejar sunrise gak? Jawabannya adalah tidak haha, padahal sunrise disini jam 7 an loh, tapi saking lelahnya kita dan mager nya kita beranjak dari kasur akhirnya baru cus ke MRT jam 8 pagi haha. Kita turun di Raffles Place lalu berjalan menyusuri kota sambil foto-foto menuju ke merlion park. Sampai disana udah banyak banget orang, kayak cendol, padahal tujuan kita sunrise-sunrise ke Merlion Park biar ga banyak cendol eh maksudnya biar foto kita ga banyak bocornya wkwk. Tapi gapapalah, habis itu kita jalan lumayan jauh, lumayan bikin pinggang sakit, kita jalan menuju esplanade, lanjut helix bridge, dan ketemu art science museum, lanjut ke The Shopees of Marina Bay Sands lanjut terus ke lobby Marina Bay buat nuker tiket yang udah kita pesen. Habis itu kita ke Gardens by The Bay sambil istirahat duduk-duduk (waktu itu pinggang ane sakit banget gara-gara kurang minum dan banyak jalan). Masuk flowers dome, disana lagi musim tulip, jadi banyak bunga-bunga tulip warna warni bermekaran di tata rapi, selain itu banyak taman-taman ala taman amerika, taman ala Australia, afrika, ada khusus untuk kaktus, dll, disini walaupun tertutup kaca tapi enggak panas, di dalem flowers dome ini dingin sejuk berasa di dataran tinggi. Setelah itu lanjut masuk di cloud forest, disana kita disambut dengan air terjun. Air terjun? Iya air terjun di dalam dome, disana kita bisa let get lost to the jungle and secret forest, semacam hutan tapi ada fasilitasnya lift didalamnya haha. Setelah dari 2 dome tersebut, masih ada 1 tempat lagi yang belum kita masuk ocbc skyway, kita memang pengennya rada malem biar bisa menikmati atraksi lampu dari sumbernya langsung. Jadi ocbc skyway ini menghubungkan pohon avatar satu dengan pohon avatar lain, semacam jembatan gitu. Eh tapi waktu kita sampai sana kata mbak-mbaknya ticketing kita blm bisa naik hari ini karena memang terkendala cuaca, memang saat itu mendung dan ada petir, jadi mereka tetep menunda show sampai aman untuk dilakukan. Untungnya tiket kita masih bisa berlaku besok, jadinya kita disarakan besok ke sini lagi. Alhasil kita pulang lebih awal dan istirahat lebih awal, kaki dan pinggang udah ga karuan rasanya brew hehehe.

kawasan Rafless Place

Add caption

Besoknya hari minggu, kita berencananya ke Henderson bridge terus belanja ke Orchad, cari oleh-oleh, dll. Tapi karena Henderson bridge itu nyengkleng banget alias diujung banget akhirnya kita ga jadi, lagian sodaraku mau dating, ketemu aku sekalian ikut jalan-jalan. Ujungnya malah kita belanjang di Bugis street, tinggal jalan dari hostel 5 menit, dan disana banyak barang-barang murah-murah kayak gantungan kunci, pajangan meja, kaos, tas, sandal sepatu, termasuk makanan juga murah disana, dan kita baru tau padahal deket banget sama hostel ; )). Kita cari coklat, beli tas, gantungan kunci, pajangan, sekalian beli pop mie nya Singapore dan Pop Mie nya Vietnam disana buat sarap besok wkwk, Nyari pop mie nya Indonesia ga nemu, tp nemu Indomie 3 biji $1. Karena laper, kita cari makan halal buat temenku di Food Court Bugis Junction yang ternyata ada semacam ansi rames gitu. Setelah itu kita jalan-jalan ke Orchad Road, kita harus naik MRT ke Quatram Park dulu lalu ganti MRT ke Orchad, disana berjejer banyak sekali pusat perbelanjaan dari Lucky Plaza, Mall2 gede, yang katanya banyak harga miring disana, dan ada patung orang bekerja warna warni yang mungkin sudah mainstream kali ya. Disana niatnya jalan-jalan tapi ktia cuma duduk-duduk dibawah pohon sambil makan eskrim kotak khasnya Singapore. Gara-gara sakit pinggangku ga sembuh-sembuh kita ga masukin satu-satu itu mall, karena tiap kita keluar dari MRT kita ketemunya udah mall, wkwk. Lagian oleh-oleh juga udah dapet, tinggal santai-santai sambil nungguin sore kita mau balik ke ocbc skyway. Setelah kita bosen kita balek lagi ke hostel istirahat, sorenya kita ke marina lagi ke pohon avatar. Kita sampai sana masih sore padahal kita mau naiknya jam 7. Yaudah kita santai2 dulu disana duduk-duduk sambil ngeliatin orang berlalu lalang. Udah jam 7 kurang seperempat kita naik eskalator, dan kita masuk dunia avatar eh pohon avatar, disana banyak juga yang menggelar tikar di rumput di bawah. Setelah sekitar 15 menitan kita diatas light shownya dimulai dan kita menikmati euphoria di tengah-tengah atraksi lampu itu, yang liat di bawah mungkin seperti liat bintang-bintang beratburan sembari mereka tidur, its nice, besok lagi kesini nyobain tiduran di bawah pas atraksi lampu hehe. Habis itu kita jalan mau ke merlion park lagi biar dapet view malamnya sama foto di helix bridge yang tak kalah keren juga lampunya, kita lewat belakang Marina Bay Sands dan tanpa disengaja kita liat kerumunan orang disana, kita penasaran dan ternyataaaaa…ada pertunjukan air mancur, kita lari-lari kebawah buat ngeliatnya, dan itu sungguh kereeeen, air mancu berwarna warni yang bergerak-gerak seperti gambar 3D. Jadi kita berhenti dulu disitu padahal diluar rencana, tapi karena 1 arah ke merlion dan itu indah sekali jadi wajib berhenti. Setelah itu kita lanjut jalan foto-foto di helix bridge, dengan view art science museum, Singapore flyer, gedung-gedung tinggi dengan lampu-lampu menyala, hingga melewati esplanade lagi hingga sampai Merlion Park, foto-toto lagi dengan view Marina Bay Sands, Art Science Museum , Helix Bridge, Singapore Flyer dalam 1 frame, indah. Waktu sudah menunjukkan pukul 11 kurang 15 menit, temenku udah bingung takut ga dapet MRT, kita berjalan cepat ke Rafless Place. Dan tenang, aman, masih dapet dong.. memang katanya kalau Sabtu Minggu mRT beroperasi sampai jam 12 malem, kalau hari biasa sampai jam 11 malem.
Oke lanjut, ke hari keempat. Udah ga ada plan khusus sih, tapi temenku ngajakin ke Sentosa Island katanya pengen foto sama bola dunianya yang mainstream itu, wkwk okelah kita berangkat rada siang jam 9 nan, kita menuju vivo city mall, jadi keluar dari MRT Harbour langsung masuk vivo city mall lalu kita jalan kaki nyebrang jembatan ke Sentosa Island, sebenernya ke Sentosa Island nya bisa naik monorail, naik bis atau naik kereta gantung yang semacam gondola itu, tapi kita pilih hemat jalan kaki, lagian disediain eskalator datar juga wkwk. Gausah takut kepanasen karena jembatannya ada tutupnya, eh tutup katanya wkwk. Sampai Sentosa Island emang niatnya cuma pengen tau aja disana aja apa trus foto di Globe bertuliskan universal studio itu lalu jalan-jalan aja diluar ngeliat ada apa aja, disana ada banyak wahana mulai dari Sea World, madam Tussauds, terus Trick Eye 3D yang buat foto-foto kayak di Indonesia banyak, ada took-toko permen, komplek kpop yang suka kpop, ada hardrock kafe, ada wahana didalem gua ngelewatin cave buatan gitu, dan masih banyak lagi ga sempet muterin semuanya. Jam 2 kita putusin balek ke City pengen masuk ke art science museum, udah sampe sini daripada kepikiran ya mending masuk sekalian kan.. ada kejadian konyol juga nih disini, temenku si Ten-ten ke toilet kan, HP nya ketinggalan di dalem, sadar-sadar pas jalan dan mau bikin story di instagram, akhirnya dia tak suruh lari balik ke toilet, untung HP nya ketemu, katanya di temuin bule-bule dari Australia terus ditaruh di bawah wastafel gitu soalnya bulenya bingung harus ngapain wkwk. Sengsara juga kalau HP Ten-ten ilang soalnya paket data internet dipasang disitu, untung masih banyak orang baik hati, walopun bule tak dikenal tapi udah ngebantuin manggil2 ten2 pas panik nyariin HP. Akhirnya kita kembali ke City dengan tenang hahaha.
Masuk lagi ke Marina by Sands lalu ke The Shoppes (udah 3 kali kayaknya lewat sini wkwk) masuk deh Art Science Museum, lalu kita masuk wahana Future World yang kece yang ada lampu-lampu kristalnya gitu, di dalem ada virtualisasi gambar yang udah kita warnain gitu, aku warnain gambar sunflowers dan ubur-ubur, tapi yg bisa diliat cuma ubur-uburnya wkwk. Disana ketemu Stella sama Nicole, balita dan bayi yang so cute dan ga takut sama orang asing kayak aku wkwkwkwk.
Semua itinerary udah di checklist nih, dan besok udah harus balik Indonesia huaaaa. Iya rasanya belum pengen balik kerja lagi hahaha, selian ga siap ngadepin komentar dan nyinyiran orang kantor yang tau klo aku Singapore juga karena ternyata aku betah di Singapore, padahal dulu aku mikirnya halah Singapore paling juga kota-kota kayak Jakarta gitu, eitsss ternyata beda jauuuuhh, kalian harus kesana sendiri, ngerasain backpacker disana, iya backpacker aja, ikut open trip itu gak seru, gak asik haha.

See you Singapore, aku akan menghampirimu lagi…

Oya, berapa rupiah habisnya?? Jeng jeng jeng jeng…tebak berapa wkwk
Pokoknya kita cari pesawat yang paling murah dari Juanda, PP sekitar 1,2 jt, terus nginepnya di hostel, cari makanan yang harganya standar, MRT/hari sekitar 5 dollar, beli paket internet 1 aja buat berdua (tethering, lagian juga ga bakal habis, 100 giga soalnya :D), tiket ke tempat wisata beli online biar murah, nyari oleh-oleh di bugis street aja banyak pilihan dan harga terjangkau. Kalo di total habisnya ga nyampe 4 juta (untuk 5 hari), kalo pengen tau lebih detil send me message hihi :D