Tips Backpacker ke SINGAPURA

Siapa sih yang ga pengen liburan ke luar negeri gratis? haha aku juga mau, tapi mau nunggu kita dapet sponsor dulu gitu baru ke luar negeri? enggak kan...hahaha ini ni beberapa tips liburan ke Singapura biar hemat, enak, nyaman..

Langsung aja ini tips-tipsnya :

1. Rajin-rajin cari tiket murah, di traveloka banyak promo, tips buat yang cuma pergi 2-3-4-5 hari gausah bawa banyak barang, biar bisa masuk kabin, jadi kita ga perlu beli bagasi. Maskapai yang sesuai kantong dari Jakarta biasanya ada Air Asia, kalau dari Surabaya bisa pakai Flyscoot/Jetstar.

2. kalau mau masuk tempat wisata, pasti ada HTM nya kan, nah ini juga cari aja via online, di situs Voyagin/ Traveloka juga ada. Selain dapat harga tiket murah, nanti disana kita udah ga ribet, tinggal nukerin aja tiketnya atau nunjukin barcode. jadi udah ga perlu bingung-bingung cari tiket, selain hemat uangnya jg hemat waktunya kan?

3. selain itu untuk urusan penginapan, cari yang murah aja, banyak hostel/homestay yang lumayan murah di singapura, kmaren sih saya di daerah bugis nginepnya. banyak juga di tempat-tempat lain yang nyediain dormitory room dengan 4 sampai 6 orang per kamar, bahkan bisa lebih. kalau bisa cari penginapan yang di deket MRT, karena kita nanti ga akan kesusahan kalo mau kemana-mana, tinggal jalan beberapa ratus meter masuk stasiun trus naik MRT.

4. ezlink atau STP (Singapore Tourist Pass)
Ezlink/ STP ini tergantung kebutuhan masing-masing orangnya, mau di Singapura berapa hari, sehari mau naik MRT berapa kali, butuh pakai bus atau tidak.
Kalau kita satu hari cuma ke satu tempat lebih baik beli standar ticket, sekalian beli pulang-pergi biar murah. Tujuan 1 tempat ini misalnya kita mau ke Marina Bay Sands, Helix Bridge, Singapore Art Museum dan Garden by the Bay, kita cukup beli standar tiket aja ke Bayfront Station, soalnya kita bisa seharian penuh disitu.
Tetapi kalau dalam sehari kalian pengen pindah-pindah tempat, msialnya mau ke Marina Bay Sands, ke Merlion Park, ke Orchad Road, ke Universal Studio (Sentosa Island) baru dianjurkan pakai STP karena akan sangat bermanfaat sekali kartu ini bila digunakan berkali-kali dalam sehari, jatuhnya hemat. Ohya, selain buat MRT STP juga bisa buat bus.
Nah, kalau Ezlink itu semacam e-money nya orang Singapura, bisa buat bayar apa-apa wkwk, salah satunya ya MRT itu, biasanya orang yang pakai Ezlink adalah orang yang berhari-hari (lebih dari 10 hari) tinggal di Singapura, sebenarnya kalau kita cuma 5 hari aja di Singapura tetep bisa sih pakai Ezlink tinggal top-up untuk berapa hari gitu, nanti kalau habis tinggal top-up lagi, tapi kalau sisa aku masih kurang tau bisa diambil atau tidak.

5. Makanan/Minuman
cai makanan yang harganya 3-4 dollar aja, banyak kok kalau kita mau cari. selain itu manfaatin sarapan di penginepan, walaupun cuma roti. kalau untuk air minum beli aja 1 botol (kurang lebih 1 dollar) terus diisi ulang di kran air minum, biasanya di tempat-tempat wisata ada. jangan lupa tetep banyak minum, karena kita akan banyak jalan. mau hemat terus jadi ga minum air putih gara2 air putih mahal itu salah! tetep harus banyak minum biar ga sakit pinggang (hahah pengalaman ini curhat dikit wkwkwk)

6. Belanja
kalau mau belanja murah sih katanya di Mustofa Center, tapi aku kemaren ga kesana soalnya lebih deket ke Bugis Street. biasanya yang belanja di Mustofa Center adalah orang-orang Bangladesh dan India. banyak tempat belanja murah-murah juga di Chinatown. kalau kemaren di Bugis Street banyak banget baju-baju lucu sama tas yang sekitaran 10 dollar, ada topi, pajangan, gantungan kunci, kaos-kaos, banyak pilihannya.

7. lain-lain
kamu juga harus merhatiin alas kaki kamu, di Singapura itu akan banyak jalan ya sekali lagi akan banyak jalan, jadi pakai alas kaki yang nyaman, gausah pake sepatu-sepatu cantik daripada ntar rusak (tapi kalaumau kakinya sakit trus sepatunya rusak ya monggo sih hahaha), pakai aja sepatu sneakers yang nyaman, atau sendal jepit aja malahan gapapa, sandal jepit di singapura juga cukup mahal loh 7 dollar kira-kira.
selain alas kaki juga sediain colokan kaki 3, disana colokannya ga sama kayak di Indonesia.
apalagi ya?
terus kalau lagi di eskalator, pilih yang sisi kiri ya, yang sisi kanan biasanya buat orang yang buru-buru. jangan bawa kebiasaan kita disini berdiri seenaknya aja di eskalator sambil ngobrol wkwk.

udah itu aja kali ya...yang paling penting bawa dollar secukupnya aja biar ga kalap, wkwkwk, semoga bermanfaaat, Singapura menantimu.. hehe

No comments

Powered by Blogger.